Sikap Jujur Nabi Muhammad Saw | materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk sekolah dasar kelas 2

Sikap Jujur Nabi Muhammad Saw dan Keuntungan Bersikap Jujur

Jujur artinya tidak bohong

Jujur itu berkata benar dan apa adanya

Orang yang berbuat jujur perbuatannya selalu lurus. Tidak mau berbicara bohong.

Selalu berkata benar, tidak ditambah dan tidak dikurangi.

Rasulullah Saw senantiasa mengingatkan umatnya untuk selalu berkata jujur dan menjauhi sifat dusta. Rasulullah Saw berpesan, “Berperilaku jujurlah kamu. Sesungguhnya kejujuran menuntun kepada kebaikan. Kebaikan menunjukkan jalan menuju surge. Setiap manusia yang selalu berkata jujur dan memilih kejujuran hingga ia ditulis di sisi Allah Swt sebagai orang yang jujur. Jauhilah kamu dari sifat sombong. Sesungguhnya kesombongan itu menuntun kearah kedurhakaan. Kedurhakaan membawa ke neraka. Setiap manusia yang selalu berbohong dan memilih kebohongan hingga tertulis di sis Allah Swt sebagai pendusta.”

 

pict by sayangianak

Perilaku jujur telah dicontohkan Nabi Muhammad Saw. Sejak kecil, Nabi Muhammad Saw memiliki sifat jujur. Jujur dalam setiap perkataan dan perbuatannya, karena kejujurannya, Nabi Muhammad Saw mendapat gelar Al Amin, artinya yang dapat dipercaya. Nabi Muhammad Saw menyuruh kita selalu bersikap jujur. Jujur kepada Allah Swt, kepada diri sendiri, kepada orang tua, guru dan semua orang.

Apa yang didapat kalau jadi orang jujur? Banyak keuntungan yang didapat saat bersikap jujur.

Anak yang jujur selalu dapat dipercaya. Contohnya; tidak mencontek ketika ulangan, selalu menepati janji, tidak mengambil milik orang lain, tidak merusak milik orang lain, dan mejaga amanah serta tidak suka berbuat curang.

Dimanapun dan kapanpun harus bersikap jujur. Jujur adalah induk dari sifat-sifat terpuji. Apabila seseorang tidak berlaku jujur maka sifat terpuji lainnya sulit dilakukan.

Orang jujur disayang Allah Swt, juga mendapat pahala dan surga kelak. Disenangi orang tua, guru, dipercaya orang lain, punya banyak teman. Jujur akan membawa kebaikan.

Sedangkan orang yang tidak jujur, berarti kebalikannya jujur adalah dusta atau bohong. Bohong itu mengatakan sesuatu yang tidak benar. Bohong adalah sifat tercela. Orang yang bohong dibenci orang lain. Allah Swt juga benci pada orang yang berbohong. Orang yang berbohong tidak dipercaya teman. Bohong termasuk ciri orang munafik.

Untuk pembelajaran yang lebih menarik, silahkan klik tautan dibawah ini:

Power Point tentang Sikap Jujur

Jadi anak janganlah menjadi anak yang suka berbohong, sebab akan merugi.

Jadilah anak yang jujur karena jujur akan mendatangkan hal yang baik.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel