Kisah Singkat Keteladanan Walisongo

Kisah Singkat Keteladanan Wali Songo 

Muqadimmah

Penyebaran agama Islam di Indonesia tidak terlepas dari peran Walisongo. Para wali yang menyebarkan agama Islam di pulau Jawa dikenal dengan “Walisongo”. Artinya wali yang berjumlah sembilan. 

pict by malangtimes

Berkata salah satu Kyai Besar di Indonesia yakni Almarum KH. Achmad Siddiq bahwa keberhasilan Walisongo dalam  menyebarkan agama islam di Tanah Jawa adalah berkat strategi dan method da’wah yang tepat dalam melaksanakan tugas, sesuai dengan petunjuk Al Qur’an :

“Hendaklah engkau ajak orang ke jalan Tuhanmu dengan Hikmah (kebijaksanaan) dengan petunjuk-petunjuk yang baik (ramah-tamah) serta ajaklah mereka berdialog (bertukar pikiran) dengan cara sebaik-baiknya.” (QS An Nahl 125)

Kesuksesan yang diperoleh Walisongo sebab memiliki strategi dakwah yang luar biasa. Bukan dengan mengacungkan pedang dan tombak, bukan dengan membawa pentungan, bukan pula dengan membawa bom, tapi dengan hikmah (kebijaksanaan) dengan memberi petunjuk yang baik (ramah-tamah) berdialog (bertukar pikiran) dengan cara sebaik-baiknya.

Sebenarnya Walisongo adalah nama suatu da’wah atau Dewan Mbubaligh. Apabila salah seorang dari dewan tersebut pergi atau meninggal dunia maka akan segera diganti oleh wali lainnya.

Namun kita hanya akan menceritakan secara singkat kisah Walisongo di Tanah Jawa yang dikenal dan dimaklumi masyarakat secara umum. Kesembilan wali itu adalah Maulana Malik Ibrahim, Sunan Ampel, Sunan Giri, Sunan Bonang, Sunan Drajad, Sunan Kalijaga, Sunan Kudus, Sunan Muria, serta Sunan Gunung Jati.

Selamat belajar kisah singkat wali songo dengan mengunjungi laman-laman mengenai kisah singkat tentang wali songo yang ada di web ini. Semoga dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan tentang wali songo serta dapat meniru apa yang dilakukan oleh para wali tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel