Surat Al Falaq - Makna Kandungan Surat Al Falaq | Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk sekolah dasar kelas 4

Mari Belajar Surat Al Falaq

Makna Kandungan Surat Al Falaq


Rasulullah Saw. sering membaca surat Al Falaq, terutama ketika dalam perjalanan agar selalu terpelihara dari kejahatan. Al Falaq artinya waktu subuh, dan termasuk golongan surat Makkiyah. Surat ini terdiri dari 5ayat, yang diturunkan sesudah surat Al Fil. Dalam Al Quran surat Al Falaq berada pada urutan surat ke – 113. Surat Al Falaq menjelaskan tentnag perintah agar umat Islam berlindung kepada Allah Swt. dari segala macam kejahatan. Surat Al Falaq mengajarkan kepada kita bahwa hanya Allah Swt. tempat berlindung.

Salah satu kandungan surat Al Falaq adalah perintah agar kita berlindung kepada Allah Swt. dari segala macam bentuk kejahatan. Bentuk-bentuk kejahatan yang diceritakan dalam surat Al Falaq antara lain kejahatan dari sesame makhluk Allah Swt., kejahatan malam jika telah gelap gulita, kejahatan tukang-tukang sihir (mantera-mantera) dan kejahatan orang-orang yang dengki. Surat Al Falaq mengajarakan bahwa hanya Allah Swt. yang patut dimintai pertolongan, Allah Swt. tempat bergantung dan berlindung.

 



Dalam riwayat al Baihaqi, diceritakan nahwa surat Al Falaq diturunkan bersama surat An Nas ketika Rasulullah Saw. disihir orang Yahudi bernama Labid bin Al A’sham. Labid menggunakan ilmu sihir untuk mencelakai musuh-musuhnya. Labid menyihir Rasulullah dengan sebelas simpulan tali. Allah Swt memerintahakan Rasulullah untuk membaca surat Al Falaq dan An Nas yang terdiri atas 11 ayat. Setiap satu ayat dibacakan, maka lepaslah simpul itu satu per satu.

Baca juga: Surat At Tin - Makna Kandungan Surat At Tin

Rasulullah Saw. membaca surat Al Falaq terutama ketika beliau sedang dalam perjalanan. Rasulullah Saw membaca surat Al Falaq setelah membaca surat Al Fatihah ketika beliau melaksanakan salat. Rasulullah Saw membacanya agar terhindar dari berbagai macam kejahatan makhluk.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel