Kisah Teladan Sunan Muria

Kisah Keteladanan Sunan Muria

Sunan Muria atau Raden Umar Said adalah putra Sunan Kalijaga dengan Dewi Saroh. Tempat tinggalnya di Gunung Muria yang salah satu puncaknya bernama Colo yang letaknya di sebelah utara kota Kudus, Jawa Tengah. Dalam Berdakwah beliau seperti ayahnya yakni menggunakan cara halus, juga masih menggunakan kesenian gamelan dan wayang sebagai alat dakwah untuk menyampaikan Islam. Sunan Muria juga menciptakan tembang Sinom dan Kinanti.
gambar: alif.id

Sunan Muria disebut sebagai wali yang kuat fisiknya, dibuktikan dengan letak Padepokannya yang terletak di atas gunung. Bayangkan jika Sunan Muria setiap hari naik-turun guna menyebarkan agama Islam atau mengajarkan keterampilan-keterampilan, bercocok tanam, berdagang dan melaut kepada penduduk setempat, atau berdakwah kepada para nelayan dan pelaut serta para pedagang. Ada juga kisah menarik yang membuktikan bawasanya Sunan Muria memiliki fisik yang kuat dalam kisah Perkawinan Sunan Muria dengan Dewi Roroyono.

Model dakwah Sunan Muria membuat masyarakat merasa gembira dalam mempelajari ajaran agama dan kemudian tanpa berat hati mau memeluk agama Islam. Selain kegiatan penyebaran agama terhadap rakyat jelata beliau juga mendukung Kerajaan Islam Demak serta mendirikan Masjid Agung Demak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel